RPP NHT, BUNGA DAN FUNGSINYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SD 2B Trunojoyo Madura
Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Pokok Bahasan              : Bunga dan Fungsinya
Kelas/Semester               : IV (Empat) / I (Satu)
Waktu                             : 1 x pertemuan (1 x 35 Menit)

A.   STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antara sruktur bagian bunga dengan fungsinya.

B.  KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan sruktur bagian bunga dengan fungsinya.

C.  INDIKATOR
1.    Menyebutkan bagian-bagian bunga sepatu
2.    Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian bunga sepatu
3.    Merangkai bagian-bagian bunga sepatu kertas

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa kelas IV SD dapat menyebutkan bagian-bagian bunga sepatu (kelopak bunga, mahkota bunga, putik, benang sari dan tangkai bunga), lewat gambar yang ditunjukkan guru.
2.    Siswa kelas IV SD dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian bunga sepatu (kelopak bunga, mahkota bunga, putik, benang sari dan tangkai bunga), saat kegiatan persentasi
3.    Siswa kelas IV SD dapat merangkai bagian-bagian bunga sepatu kertas yang diberikan oleh guru.


E.  MATERI
1.    Bunga tersusun atas beberapa bagian. Bagian-bagian bunga adalah tangkai bunga, mahkota bunga, kelopak bunga, putik dan benang sari.Contoh bunga yang memiliki tangkai, mahkota, kelopak, putik dan benang sari yaitu bunga sepatu.
2.    Berbagai fungsi dari bagian-bagian bunga. Misalnya putik berfungsi sebagai alat kelamin betina, benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan, kelopak berfungsi melindungi bunga saat masih kuncup, mahkota berfungsi menarik perhatian serangga sedangkan tangkai bunga berfungsi sebagai penopang putik, benang sari, kelopak dan mahkota,

F.   METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Kooperatif.
2. Model: Kepala Bernomor Sruktur (Modifikasi dari Number Heads)
3. Metode: Diskusi, Penugasan, Presentasi

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Mempersiapkan Siswa
a.     Guru masuk kelas mengucapkan salam
b.     Guru mengatakan “semangat pagi”, siswa menjawab “pagi, pagi, pagi”
c.     Guru meminta ketua kelas memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai
d.     Guru menanyakan kabar siswa
e.     Guru mengabsen kehadiran siswa
f.      Guru mengatakan “semangat pagi”, siswa menjawab “pagi, pagi, pagi”
g.     Guru mengajak siswa bernyanyi
h.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan apersepsi
i.       Guru memotivasi kepada siswa
±5 menit
Kegiatan Inti
2. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
a.     Guru menyampaikan kepada siswa akan memberi setiap siswa satu bintang jika aktif dalam kelas atau mampu menjawab pertanyaan. Bintang akan diakumulasikan diakhir pembelajaran.
b.     Siswa diminta memperhatikan gambar bunga sepatu yang ditempelkan oleh guru dipapan tulis.
c.     Guru membimbing siswa menyebutkan bagian-bagian bunga sepatu berdasarkan gambar.
d.     Siswa diminta maju kedepan untuk ikut menjelaskan bagian-bagian bunga
e.     Guru mengelompokkan siswa dengan cara memberi siswa nomor. Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 orang. Pemberian nomor dilakukan dengan menyuruh siswa manghitung 1 sampai 3, terus diulang sampai semua siswa mendapat nomor.

3. Guru membimbing jalannya diskusi kelompok
a.       Tugas diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai yaitu:
b.       Siswa bernomor 1 bertugas merangkai bagian-bagian bunga sepatu kertas.
c.        Siswa bernomor 2 bertugas menjawab soal LKS.
d.       Siswa bernomor 3 bertugas mempresentasikan (menempelkan gambar dan melapor hasil pekerjaan)
e.        Siswa disuruh bekerjasama antar kelompok, siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswabernomor sama dari kelompok lain untuk saling membantu atau mencocokan hasil kerjasama mereka
f.        Guru membimbing siswa mengerjakan

4.     Evaluasi
a.       Setiap kelompok mengadakan presentasi dan kelompok lain memberikan tanggapan
b.       Guru bersama-sama siswa menghitung bintang yang dikumpulkan tiap siswa untuk diakumulasikan ke papan bintang kelompok
c.        Guru memberikan hadiah untuk kelompok yang memiliki bintang paling banyak
±25 menit
Penutup
a.     Guru mengajak siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran hari ini yaitu tentang bagian-bagian bunga sepatu yang terdiri kelopak, tangkai bunga, putik, benang sari, dan mahkota bunga. Masing-masing bagian bunga sepatu memiliki fungsi seperti putik dan benang sari merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan, putik sebagai alat kelamin betina, benang sari sebagai alat kelamin jantan, tangkai bunga berfungsi sebagai penopang putik, benang sari, kelopak dan mahkota, kelopak berfungsi melindungi bunga saat masih kuncup sedangkan mahkota berfungsi menarik perhatian serangga.
b.     Guru melakukan refleksi (bagaimana kekompakan serta kerjasama) terhadap kegiatan kerja kelompok yang telah dilakukan.
c.     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa belajar di rumah
d.     Guru mengakhiri pelajaran dengan cara memberikan nasehat agar siswa rajin belajar baik di sekolah maupun di rumah serta diakhiri dengan do’a dan salam.
±5 menit
 (Tabel 1.Kegiatan Pembelajaran)

H.  ALAT, SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Alat     : 1. Papan tulis 2. Kapur tulis 3. Spidol 4. Lembar Kerja Siswa (LKS)
Sumber: 
1.    Buku Pendidikan Sains kelas IV Semester 1
2.    Model- model pembelajaran
Media pembelajaran:
1.    Gambar bunga sepatu besar ditempel dipapan tulis
2.    Potongan gambar bunga sepatu untuk tugas siswa
3.    Kartu-kartu bernomor.

I.     PENILAIAN
1.Teknik Penilaian              : Tes tulis isian.                                   
2. Contoh instrumen           :
1.    Rangkailah secara lengkap bagian-bagian bunga kembang sepatu!
2.    Sebutkan bagian-bagian bunga?
3.    Jelaskan fungsi dari putik?
4.    Jelaskan fungsi dari benang sari?
5.    Jelaskan fungsi dari mahkota bunga?
6.    Jelaskan fungsi dari kelopak bunga?
7.    Jelaskan fungsi dari tangkai bunga?

Kunci Jawaban :
1.     
2.      Bagian-bagian dari bunga, yaitu : putik, benang sari, tangkai bunga, mahkota bunga dan kelopak bunga.
3.      Fungsi putik adalah sebagai alat kelamin betina.
4.      Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan.
5.      Fungsi mahkota bunga adalah menarik perhatian serangga.
6.      Fungsi kelopak bunga adalah melindungi bunga saat masih kuncup.
7.      Fungsi tangkai bunga adalah sebagai penopang putik, benang sari, kelopak.
Skor penilaian :
1.      Bobot nilai Soal nomor 1 bernilai 3
2.      Bobot nilai Soal nomor 2 bernilai 2
3.      Bobot nilai Soal nomor 3 bernilai 1
4.      Bobot nilai Soal nomor 4 bernilai 1
5.      Bobot nilai Soal nomor 5 bernilai 1
6.      Bobot nilai Soal nomor 6 bernilai 1
7.      Bobot nilai Soal nomor 7 bernilai 1
Skor Akhir     :  Jumlah skor yang diperoleh  x 100 %
       Skor maksimum
Penilaian Psikomotor
PENILAIAN SIKAP

Nama kelompok                      :
Anggota kelompok                 :
1.
2.
3.
Tanggal diskusi                       :

Berilah tanda (√) pada kolom skor menurut skor yang diperoleh oleh siswa !

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
Kerjasama




2.
Kesediaan mengerjakan tugas




3
Ketelitian




4
Keaktifan




Jumlah skor yang dicapai




Jumlah skor maksimum
24
(tabel 2. Aspek Penilaian)
Keterangan:
Skor 1  : Tidak kompeten                                           
Skor 2  : Cukup Kompeten
Skor 3  : Kompeten
Skor 4  : Sangat Kompeten

Jumlah skor  : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian

Skor Akhir     :  Jumlah skor yang diperoleh  x 100 %
Skor maksimu

PENILAIAN KELOMPOK
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Kerja sama
Berani
Disiplin
1.
ARYANI



2.
ASTUTI



3.
AINUR



4.
AGNES SARI



5.
BENI RAMA



6.
DEWI RAMANTIKA



7.
FAHMIATI



8.
FARIL AFRIANSYAH



9.
IIS SAFITRI



10.
JOVAN ARIL MARDHANI



11.
MOH. AFIFIL CHOIRON



12.
MOHAMMAD ALIF SAFINA



13.
MOHAMMAD AIDIL ADHARI



14.
MOH FAISOL ANWAR



15.
MUHAMMAD NASIRIN



16
MUSTOFA



17
MOH JEFRI AL-BUKHORI



18
NADHIA AFKARINA



19
NELI ADELIA FIRNANDA



20
PUTRI INDAH RAHMAWATI



21
RADIT JA’FAR WARDANA



22
SRI KUSTINA



23
YASMINATUL MAULIDIYA



24
HADID FIRMANSYAH



(tabel 3. Penilaian Kelompok)

PENILAIAN INDIVIDU
Tugas Evaluasi saat kegiatan berlangsung
Rentang Nilai
Kategori
80 – 100
Sangat Baik
60 – 80
Baik
40 – 60
Cukup Baik
20 – 40
Kurang Baik
< 20
Sangat kurang Baik
(tabel 4. Rentang Nilai)

Keterangan dari masing-masing perilaku berkarakter
a)      Rubrik dari sikap berani
Skor
Kriteria
Sangat Baik
Siswa sangat berani saat menjawab pertanyaan guru dengan benar
Baik
Siswa berani menjawab saat menjawab pertanyaan guru dengan benar
Cukup
Siswa cukup berani menjawab pertanyaan guru walau dengan jawaban kurang benar
Kurang baik
Siswa kurang berani menjawab pertanyaan guru dengan jawaban kurang benar
Sangat Kurang Baik
Siswa tidak menjawab pertanyaan guru
(tabel 5. Rubrik Sikap Berani)

b)      Rubrik dari sikap kerja sama
Skor
Kriteria
Sangat Baik
Siswa sangat antusias dalam berkerja sama dengan kelompoknya
Baik
Siswa bekerja sama dengan kelompoknya.
Cukup
Siswa cukup bekerja sama dengan kelompoknya.
Kurang Baik
Siswa kurang bekerja sama dengan kelompoknya.
Sangat Kurang Baik
Siswa tidak bekerja sama dengan kelompoknya.
(tabel 6. Rubrik Sikap Kerja Sama)

c)      Rubrik dari sikap disiplin
Skor
Kriteria
Sangat Baik
Siswa sangat disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
Baik
Siswa disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
Cukup
Siswa cukup disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kurang baik
Siswa kurang disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
Sangat Kurang Baik
Siswa tidak disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
(tabel 7. Rubrik Sikap Disiplin)

Sumber Acuan Penilaian : Nihla Fitriyani M.Pd (Evaluasi Pembelajaran)
Mengetahui,
Kepala Sekolah



……………………
NIP. …………………..
………………………………2017
Wali Kelas



……………………………….
NIP. ……………………………

Kritik :
 
Saran :
 
 


















Komentar

Postingan Populer