RPP NHT, BUNGA DAN FUNGSINYA
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD 2B Trunojoyo
Madura
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Pokok Bahasan : Bunga dan Fungsinya
Kelas/Semester : IV
(Empat) / I (Satu)
Waktu : 1 x pertemuan (1 x 35 Menit)
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami
hubungan antara sruktur bagian bunga dengan
fungsinya.
B. KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
sruktur bagian bunga dengan fungsinya.
C. INDIKATOR
1. Menyebutkan
bagian-bagian bunga sepatu
2. Menjelaskan
fungsi dari bagian-bagian bunga sepatu
3. Merangkai
bagian-bagian bunga sepatu kertas
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
kelas IV SD dapat menyebutkan bagian-bagian bunga sepatu (kelopak bunga,
mahkota bunga, putik, benang sari dan tangkai bunga), lewat gambar yang
ditunjukkan guru.
2. Siswa
kelas IV SD dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian bunga sepatu (kelopak
bunga, mahkota bunga, putik, benang sari dan tangkai bunga), saat kegiatan
persentasi
3. Siswa
kelas IV SD dapat merangkai bagian-bagian
bunga sepatu kertas yang diberikan oleh guru.
E. MATERI
1. Bunga
tersusun atas beberapa bagian. Bagian-bagian bunga adalah tangkai bunga,
mahkota bunga, kelopak bunga, putik dan benang sari.Contoh bunga yang memiliki
tangkai, mahkota, kelopak, putik dan benang sari yaitu bunga sepatu.
2. Berbagai
fungsi dari bagian-bagian bunga. Misalnya putik berfungsi sebagai alat kelamin
betina, benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan, kelopak berfungsi
melindungi bunga saat masih kuncup, mahkota berfungsi menarik perhatian
serangga sedangkan tangkai bunga berfungsi sebagai penopang putik, benang sari,
kelopak dan mahkota,
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan:
Kooperatif.
2. Model:
Kepala Bernomor Sruktur (Modifikasi dari Number Heads)
3. Metode:
Diskusi, Penugasan, Presentasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mempersiapkan Siswa
a.
Guru masuk
kelas mengucapkan salam
b.
Guru
mengatakan “semangat pagi”, siswa menjawab “pagi, pagi, pagi”
c.
Guru meminta
ketua kelas memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai
d.
Guru
menanyakan kabar siswa
e.
Guru mengabsen
kehadiran siswa
f.
Guru
mengatakan “semangat pagi”, siswa menjawab “pagi, pagi, pagi”
g.
Guru mengajak
siswa bernyanyi
h.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan apersepsi
i.
Guru
memotivasi kepada siswa
|
±5 menit
|
Kegiatan Inti
|
2. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
a. Guru menyampaikan kepada siswa akan memberi setiap
siswa satu bintang jika aktif dalam kelas atau mampu menjawab pertanyaan.
Bintang akan diakumulasikan diakhir pembelajaran.
b. Siswa
diminta memperhatikan gambar bunga sepatu yang ditempelkan oleh guru dipapan
tulis.
c. Guru
membimbing siswa menyebutkan bagian-bagian bunga sepatu berdasarkan gambar.
d. Siswa diminta maju kedepan untuk ikut menjelaskan
bagian-bagian bunga
e. Guru
mengelompokkan siswa dengan cara memberi siswa nomor. Siswa dibagi dalam
kelompok yang terdiri dari 3 orang. Pemberian nomor dilakukan dengan
menyuruh siswa manghitung 1 sampai 3, terus diulang sampai semua siswa
mendapat nomor.
3. Guru membimbing jalannya diskusi kelompok
a. Tugas
diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang
berangkai yaitu:
b. Siswa
bernomor 1 bertugas merangkai
bagian-bagian bunga sepatu kertas.
c.
Siswa bernomor 2
bertugas menjawab soal LKS.
d. Siswa
bernomor 3 bertugas mempresentasikan (menempelkan gambar dan melapor hasil
pekerjaan)
e.
Siswa disuruh
bekerjasama antar kelompok, siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan
bergabung bersama beberapa siswabernomor sama dari kelompok lain untuk saling
membantu atau mencocokan hasil kerjasama mereka
f.
Guru
membimbing siswa mengerjakan
4.
Evaluasi
a. Setiap
kelompok mengadakan presentasi dan kelompok lain memberikan tanggapan
b. Guru
bersama-sama siswa menghitung bintang yang dikumpulkan tiap siswa untuk diakumulasikan ke papan bintang kelompok
c.
Guru memberikan
hadiah untuk kelompok yang memiliki bintang paling banyak
|
±25 menit
|
Penutup
|
a. Guru
mengajak siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran hari ini yaitu tentang
bagian-bagian bunga sepatu yang terdiri kelopak, tangkai bunga, putik, benang
sari, dan mahkota bunga. Masing-masing
bagian bunga sepatu memiliki fungsi seperti putik dan benang sari merupakan
alat perkembangbiakan tumbuhan, putik sebagai alat kelamin betina, benang
sari sebagai alat kelamin jantan, tangkai bunga berfungsi sebagai penopang
putik, benang sari, kelopak dan mahkota, kelopak berfungsi melindungi bunga
saat masih kuncup sedangkan mahkota berfungsi menarik perhatian serangga.
b. Guru
melakukan refleksi (bagaimana kekompakan serta kerjasama) terhadap kegiatan
kerja kelompok yang telah dilakukan.
c. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa
belajar di rumah
d. Guru
mengakhiri pelajaran dengan cara memberikan nasehat agar siswa rajin belajar
baik di sekolah maupun di rumah serta diakhiri dengan do’a dan salam.
|
±5 menit
|
(Tabel 1.Kegiatan
Pembelajaran)
H. ALAT, SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Alat :
1. Papan tulis 2. Kapur tulis 3. Spidol 4. Lembar Kerja Siswa (LKS)
Sumber:
1. Buku
Pendidikan Sains kelas IV Semester 1
2. Model- model pembelajaran
Media pembelajaran:
1. Gambar
bunga sepatu besar ditempel
dipapan tulis
2. Potongan
gambar bunga sepatu untuk tugas siswa
3. Kartu-kartu
bernomor.
I.
PENILAIAN
1.Teknik Penilaian :
Tes tulis isian.
2. Contoh instrumen :
1. Rangkailah
secara lengkap bagian-bagian bunga kembang sepatu!
2. Sebutkan
bagian-bagian bunga?
3. Jelaskan
fungsi dari putik?
4. Jelaskan
fungsi dari benang sari?
5. Jelaskan
fungsi dari mahkota bunga?
6. Jelaskan
fungsi dari kelopak bunga?
7. Jelaskan
fungsi dari tangkai bunga?
Kunci
Jawaban :
1. 

2. Bagian-bagian
dari bunga, yaitu : putik, benang sari, tangkai bunga, mahkota bunga dan
kelopak bunga.
3. Fungsi
putik adalah sebagai alat kelamin betina.
4. Fungsi
benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan.
5. Fungsi
mahkota bunga adalah menarik perhatian serangga.
6. Fungsi
kelopak bunga adalah melindungi bunga saat masih kuncup.
7. Fungsi
tangkai bunga adalah sebagai penopang putik, benang sari, kelopak.
Skor penilaian :
1. Bobot
nilai Soal nomor 1 bernilai 3
2. Bobot
nilai Soal nomor 2 bernilai 2
3. Bobot
nilai Soal nomor 3 bernilai 1
4. Bobot
nilai Soal nomor 4 bernilai 1
5. Bobot
nilai Soal nomor 5 bernilai 1
6. Bobot
nilai Soal nomor 6 bernilai 1
7. Bobot
nilai Soal nomor 7 bernilai 1
Skor Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x 100 %
Skor maksimum
Penilaian Psikomotor
PENILAIAN
SIKAP
Nama kelompok :
Anggota kelompok :
1.
2.
3.
Tanggal diskusi :
Berilah tanda (√) pada kolom skor menurut skor yang
diperoleh oleh siswa !
No
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
2.
|
Kesediaan mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Ketelitian
|
|
|
|
|
4
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
24
|
(tabel 2. Aspek
Penilaian)
Keterangan:
Skor 1 : Tidak
kompeten
Skor 2 : Cukup
Kompeten
Skor 3 :
Kompeten
Skor 4 : Sangat
Kompeten
Jumlah skor :
jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x 100 %
Skor
maksimu
PENILAIAN
KELOMPOK
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
||
Kerja sama
|
Berani
|
Disiplin
|
||
1.
|
ARYANI
|
|
|
|
2.
|
ASTUTI
|
|
|
|
3.
|
AINUR
|
|
|
|
4.
|
AGNES SARI
|
|
|
|
5.
|
BENI RAMA
|
|
|
|
6.
|
DEWI
RAMANTIKA
|
|
|
|
7.
|
FAHMIATI
|
|
|
|
8.
|
FARIL AFRIANSYAH
|
|
|
|
9.
|
IIS SAFITRI
|
|
|
|
10.
|
JOVAN ARIL MARDHANI
|
|
|
|
11.
|
MOH. AFIFIL CHOIRON
|
|
|
|
12.
|
MOHAMMAD ALIF SAFINA
|
|
|
|
13.
|
MOHAMMAD AIDIL ADHARI
|
|
|
|
14.
|
MOH FAISOL ANWAR
|
|
|
|
15.
|
MUHAMMAD NASIRIN
|
|
|
|
16
|
MUSTOFA
|
|
|
|
17
|
MOH JEFRI AL-BUKHORI
|
|
|
|
18
|
NADHIA AFKARINA
|
|
|
|
19
|
NELI ADELIA FIRNANDA
|
|
|
|
20
|
PUTRI INDAH RAHMAWATI
|
|
|
|
21
|
RADIT JA’FAR WARDANA
|
|
|
|
22
|
SRI KUSTINA
|
|
|
|
23
|
YASMINATUL MAULIDIYA
|
|
|
|
24
|
HADID FIRMANSYAH
|
|
|
|
(tabel 3. Penilaian Kelompok)
PENILAIAN INDIVIDU
Tugas Evaluasi saat kegiatan
berlangsung
Rentang Nilai
|
Kategori
|
80 – 100
|
Sangat Baik
|
60 – 80
|
Baik
|
40 – 60
|
Cukup Baik
|
20 – 40
|
Kurang Baik
|
< 20
|
Sangat kurang Baik
|
(tabel 4.
Rentang Nilai)
Keterangan
dari masing-masing perilaku berkarakter
a) Rubrik
dari sikap berani
Skor
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Siswa sangat
berani saat menjawab pertanyaan guru dengan benar
|
Baik
|
Siswa berani
menjawab saat menjawab pertanyaan guru dengan benar
|
Cukup
|
Siswa cukup
berani menjawab pertanyaan guru walau dengan jawaban kurang benar
|
Kurang baik
|
Siswa kurang
berani menjawab pertanyaan guru dengan jawaban kurang benar
|
Sangat Kurang Baik
|
Siswa tidak
menjawab pertanyaan guru
|
(tabel 5. Rubrik Sikap Berani)
b) Rubrik dari sikap kerja sama
Skor
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Siswa sangat
antusias dalam berkerja sama dengan kelompoknya
|
Baik
|
Siswa bekerja
sama dengan kelompoknya.
|
Cukup
|
Siswa cukup
bekerja sama dengan kelompoknya.
|
Kurang Baik
|
Siswa kurang
bekerja sama dengan kelompoknya.
|
Sangat Kurang Baik
|
Siswa tidak
bekerja sama dengan kelompoknya.
|
(tabel 6. Rubrik Sikap Kerja Sama)
c) Rubrik
dari sikap disiplin
Skor
|
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Siswa
sangat disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Baik
|
Siswa
disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Cukup
|
Siswa
cukup disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Kurang baik
|
Siswa
kurang disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
Sangat Kurang Baik
|
Siswa
tidak disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran.
|
(tabel 7. Rubrik Sikap Disiplin)
Sumber Acuan Penilaian : Nihla Fitriyani M.Pd
(Evaluasi Pembelajaran)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
……………………
NIP. …………………..
|
………………………………2017
Wali Kelas
……………………………….
NIP. ……………………………
|
|
||||
|
Komentar
Posting Komentar